logo

Pembaruan terakhir: Jumat, 26 April 2024
shade

Upacara Dalam Rangka HUT Mahkamah Agung RI ke 72

Sabtu, 19 Agustus 2017. Bertempat di Kantor Pengadilan Agama Pangkajene diadakan Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI yang ke-72 tahun. Dalam memperingati HUT Mahkamah Agung RI yang ke-72 tahun diawali dengan upacara, dengan dipimpin oleh Bp. Ketua Pengadilan Agama Pangkajene dengan turut hadir yang terhormat Ketua, Wakil Ketua, Bapak Ibu Hakim, Pegawai, dan Honorer Pengadilan Negeri Pangkajene serta tidak terkecuali seluruh jajaran dari Pengadilan Agama Pangkajene.


Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 09.00 WIB, Upacara berjalan dengan tertib dan lancar. Selepas Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-72 tahun dilanjutkan dengan foto bersama antar jajaran Pengadilan Negeri Pangkajene dengan Pengadilan Agama Pangkajene


Di hari itupun untuk mempererat tali silaturahmi dan kekompakan serta semangat persaudaraan, panitia mengadakan perlombaan yang cukup seru di antarnya lomba makan krupuk, lomba joget balon serta lomba karaoke.


"DIRGAHAYU MAHKAMAH AGUNG RI KE-72, DENGAN BADAN DAN JIWA YANG SEHAT KITA WUJUDKAN BADAN PERADILAN YANG AGUNG"

Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 72

Kamis, 17 Agustus 2017. Bertempat di Halaman Upacara Pengadilan Negeri Pangkajene diberlangsungkan kegiatan rutin tahunan yakni Upacara Bendera Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-72 tahun. Upacara dimulai tepat pada pukul 07.30 WITA dan berakhir pada 08.45 WITA, Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bp. H. Hasanurachmansyah Arif, S.H., M.Hum. sebagai Pembina Upacara, dengan pemimpin upacara oleh H. Usman Sampara, S.H., petugas pembaca teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Irsal A. Gani dan petugas pembaca teks Panca Prasetya Korpri Muh. Ridwan, S.H. , petugas pengibar bendera oleh Sdr Irwan., Nirawati, S.H., dan Rusdi Efendi, S.H., pembacaan do'a oleh Muh. Nasir, S.H., serta pembawa acara oleh Viskayanti, S.H.


Upacara berjalan dengan khidmat, tertib dan dengan penghayatan. Selepas Upacara Bendera Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-72 tahun dilanjutkan dengan foto bersama mulai dari Ketua, Hakim, Panmud, Kasub, Panitera, Sekretaris, Wakil Panitera, Kasub, Panmud, Staf hingga honorer Pengadilan Negeri Pangkajene.


"DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945 KITA TINGKATKAN KERJA BERSAMA UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG SEJAHTERA SECARA UTUH DAN MENYELURUH"

Kunjungan PT Makassar dalam rangka persiapan menuju Akreditasi PN Pangkajene

Senin tanggal 10 April 2017, Pengadilan Negeri menerima kunjungan dari Pengadilan Tinggi Makassar, Bapak Yahya Syam, SH. MH. selaku ketua tim dan di dampingi oleh Bapak A. Makkassau, SH. MH, Ibu Panitera PT Makassar dan Kasubag Keuangan dan Pelaporan PT Makasssar. Kunjungan tersebut dalam rangka Pembinaan, Pengawasan, dan Persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu Oleh Pengadilan Tinggi Makassar Pada Pengadilan Negeri Pangkajene.

Di Pengadilan Negeri Pangkajene, rombongan melakukan pengawasan di tiap-tiap bidang, baik di Kepaniteraan maupun di Kesekretariatan. Di bagian kepaniteraan, para pengawas melakukan pengawasan di bagian kepaniteraan pidana, kepaniteraan perdata, dan kepaniteraan hukum. Di bagian kesekretariatan, para pengawas melakukan pengawasan di sub bagian umum dan keuangan, sub bagian kepegawaian, organisasi, dan tata laksana, dan sub bagian perencanaan, teknologi informasi, dan pelaporan.

Pada acara penutupan, KPN Pangkajene, Bapak H. Hasanur Rachmansyah Arif, SH. M.Hum. dalam kata sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan  tim pembinaan, persiapan akreditasi untuk melakukan kunjungan ke PN Pangkajene, diakui bahwa PN Pangkajene masih memiliki beberapa kekurangan yang ke depannya akan terus diperbaiki dan PN Pangkajene saat ini memiliki progres ke arah yang lebih baik.
Ketua Tim, Bapak Yahya Syam, S.H., M.H. menyampaikan rasa terima kasih terhadap sambutan  Pengadilan Negeri Pangkajene kepada tim dari PT Makassar. Beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap kemajuan-kemajuan yang telah dicapai Pengadilan Negeri Pangkajene, dengan harapan agar kekurangan-kekurangan yang masih ada, dapat diperbaiki ke depannya.

 

Kunjungan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum

Kamis (25/05/2017) Pengadilan Negeri Pangkajene kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI, adapun tujuan kedatangan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh  Bapak Sukatno, SH(Kabag Umum Sekretariat Dit.Jen Badilum), Zubair. SH (Kasi Evaluasi dan Rasionalisasi ) dan Achmad Basyari, SE (Kasi Statistik) yaitu melakukan  Penilaian (Audit) Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap Pengadilan Negeri Pangkajene.


Disamping itu pun dilakukan opening meeting,  Dalam sambutannnya Bapak Sukatno, SH menyampaikan bahwa ini merupakan pertama kalinya beliau mengunjungi PN Pangkajene, kemudian disampaikan pula mengenai jadwal Audit dan MOU yang harus ditandatangani selama Audit berlangsung, Tujuan Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah untuk mewujudkan Performa / Kinerja Peradilan Indonesia Yang Unggul / Prima (Indonesia Court Performance Excelent) . ICPE dapat dicapai melalui kegiatan evaluasi diri, akreditasi, dan sertifkasi. Terdapat 7 (tujuh) kriteria penilaian ICPE dalam akreditasi penjaminan mutu ini. Kriteria tersebut adalah kriteria Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Document System, Resource Management, Process Management, dan kriteria Performance Result.


Audit pun dimulai dari Top Manajemen,Management Representative, dilanjutkan dengan Audit Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang masing-masing didampingi oleh Hakim Pengawas Bidang dan Panitera serta Sekretaris, tak luput dari pengamatan Auditor ruang arsip, tata kelola ruangan, kebersihan keseluruhan Kantor termasuk Toliet, ruang Teknologi Informasi (Server), uji petik dan sampling berkas.

Pada saat Closing meeting, dinyatakan bahwa PN Pangkajene layak untuk mendapattkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum karena  dari audit dismpulkan bahwa terdapat 8 temuan Minor (tidak ada yang Mayor)  dan 18 Observasi, terhadap 8 temuan Minor diberikan waktu selama 2 bulan untuk memperbakinya, sedangkan 18 observasi akan dipantau lagi pada saat audit berikutnya 6 bulan.untuk nilai belum dapat diberikan karena yang berhak memberikan nilai adalah Bapak Dirjen Badilum.

Diakhir kesempatan, KPN Pangkajene mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada Tim Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Badilum Mahkamah Agung RI atas kedatangannya,dan memohon maaf apabila selama berada di PN Pangkajene merasa ada yang kurang.

Acara closing ditutup dengan do’a dengan harapan agar kedepanya PN Pangkajene akan terus meningkatkan kinerja. Semoga Pengadilan Negeri Pangkajene selalu bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan inovasi bagi masyarakat pencari keadilan.

 

Sosialisasi Reformasi Birokrasi, Rencana Kerja Tim RB dan Pengendalian Gratifikasi

Pada hari Jumat 31 Maret 2017, bertempat di ruang sidang utama telah disosialisasikan Pedoman Pengendalian Gratifikasi PN. Pangkajene.  Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua, seluruh hakim dan Pegawai termasuk tenaga Honorer.

Pedoman Pengendalian Gratifikasi ini dibuat untuk mewujudkan  Pembangunan Zona Integritas PN. Pangkajene,  menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK).

Ketua PN. Pangkajene H. Hasanur Rachmansyah, SH. M.Hum selaku pemberi materi, mensosialisasikan Pedoman Pengendalian Gratifikasi PN. Pangkajene, Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Aparatur Pengadilan Negeri Pangkajene tentang gratifikasi, menguraikan proses pelaporan, aspek pencegahan dan penindakan, serta pengenalan sistem pengendalian gratifikasi.

Sebagai aparatur,  harus merubah paradigma tentang pengertian gratifikasi, karena selama ini banyak yang berpikiran bahwa gratifikasi yang termasuk tindak pidana korupsi adalah yang merugikan atau menggunakan uang negara, padahal sebenarnya segala bentuk penerimaan uang, barang, fasilitas, diskon atau rabat baik yang diterima secara langsung maupun tidak langsung dan berhubungan dengan jabatan atau kewenangan sebagai aparatur pemerintah adalah bentuk dari gratifikasi.

Dalam sosialisasi tersebut, Aparat PN Pangkajene diajak untuk menjadi pribadi yang bersih, jujur, amanah dan berintegritas dalam melaksanakan tugas, serta mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan sehingga dalam melaksanakan tugas tidak akan dihadapkan pada masalah-masalah hukum khususnya tindak pidana korupsi.

 

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+

Pencarian