Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Senin, 18 Mei 2020
shade

Kesektariatan Kepegawaian dan Ortala

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Hakim Baru Pada Pengadilan Negeri Pangkajene

Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene pada Hari Kamis tanggal 23 April 2020 ,telah melantik  4 (empat) orang Hakim baru masing-masing Ibu Andi Ayu Astriadi,SH, ibu Tities, SH, Ibu tiara Khurin In Firdaus,Sh, dan bapak Benny,SH. Pada kegiatan pelantikan dan penyumpahan tersebut hanya dihadiri oleh Hakim , Pegawai PN Pangkajene serta 3 orang keluarga dari masing-masing Hakim yang dilantik. Pada moment penting ini oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena,SH.MH dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada ke empat Hakim yang baru dilantik hal ini dikarena pelantikan yang dilaksanakan tidak seperti biasanya hal ini dikarena berdasarkan himbuaan Pemerintah dan Surat Edaran dari Mahkamah Agung disampaikan segala yang  berhubungan dengan pelantikan harus dilaksanakan dengan tata cara covid mengingat saat ini Indonesia sedang dilanda wabah pandemi virus 19, sehingga didalam pelantikan dan penyumpahan ini harus menjaga jarak dan wajib memakai masker imbuh farid dalam dalam kata sambutannya tersebut.

Pesan yang disampaikan oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene,   kepada ke bapak ibu yang baru selesai dilantik dan disumpah , bahwa karena masih Hakim yang baru tentunya dapat membawa spirit yang baru buat PN Pangkajene kedepan, sehingga ke depannya PN Pangkajene bisa menjadi lebih baik. Ilmu-ilmu yang telah didapat selama diklat dan magang sekiranya bisa diterapkan disini dan bisa membawa perubahan besar bagi PN Pangkajene.

 

94138156 225286432033753 2669370793493790720 o

 

 

Sosialisasi SIWAS dan Perma 7, 8, dan 9 Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2020

Pengadilan Negeri Pangkajene pada hari Rabu, 11 Maret 2020 melaksanakan sosialisasi Perma No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Pada MA dan Peradilan di bawahnya, Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan pembinaan atasan langsung di MA dan peradilan dibawahnya, Perma No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan/wistleblowing sistem di lingkungan MA dan peradilan dibawahnya kepada para hakim, pejabat fungsional dan struktural serta seluruh staf PengadilanNegeri Pangkajene.


Dalam penyampaian sosialisasi tersebut, Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH. menyampaikan kembali pentingnya Pengawasan dan Pembinaan oleh pimpinan secara berjenjang guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku hakim, memastikan tidak ada lagi hakim dan aparatur melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Serta juga mengingatkan kembali kepada Hakim dan Pegawai untuk melaksanakan aturan yang terdapat dalam PERMA 7,8 dan 9 tahun 2016 tersebut. Keluarnya ketiga PERMA berkaitan dengan kejadian-kejadian yang mencoreng nama baik institusi Mahkamah Agung. Adapun Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2016 berisi tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, sedangkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya dan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 berisi tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada dibawahnya.

Pada saat berlangsungnya para  peserta cukup antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan pernyataan dimana pertanyaan dan pernyataan tersebut seputar fenomena yang sering menjadi masalah di setiap pengadilan masing-masing seperti masalah etika, disiplin, jam kerja, prosedur izin ke atasan dan sebagainya.

 

89328542 198441481384915 2110791806814781440 o

Sosialisasi Pedoman Pengendalian Gratifikasi dan Penanganan Benturan Kepentingan Tahun 2020

Pada hari Jumat 14 Februari 2020, bertempat di ruang sidang utama telah disosialisasikan Pedoman Pengendalian Gratifikasi dan Penanganan Benturan Kepentingan PN. Pangkajene.  Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua, seluruh hakim dan Pegawai termasuk tenaga Honorer.

Pedoman Pengendalian Gratifikasi ini dibuat untuk mewujudkan  Pembangunan Zona Integritas PN. Pangkajene,  menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK).
Wakil Ketua PN. Pangkajene Dwi Hatmodjo, SH. MH. selaku pemberi materi, mensosialisasikan Pedoman Pengendalian Gratifikasi dan Penanganan Benturan kepentingan PN. Pangkajene, Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Aparatur Pengadilan Negeri Pangkajene tentang gratifikasi, menguraikan proses pelaporan, aspek pencegahan dan penindakan, serta pengenalan sistem pengendalian gratifikasi.

Sebagai aparatur,  harus merubah paradigma tentang pengertian gratifikasi, karena selama ini banyak yang berpikiran bahwa gratifikasi yang termasuk tindak pidana korupsi adalah yang merugikan atau menggunakan uang negara, padahal sebenarnya segala bentuk penerimaan uang, barang, fasilitas, diskon atau rabat baik yang diterima secara langsung maupun tidak langsung dan berhubungan dengan jabatan atau kewenangan sebagai aparatur pemerintah adalah bentuk dari gratifikasi.
Dalam sosialisasi tersebut, Aparat PN Pangkajene diajak untuk menjadi pribadi yang bersih, jujur, amanah dan berintegritas dalam melaksanakan tugas, serta mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan sehingga dalam melaksanakan tugas tidak akan dihadapkan pada masalah-masalah hukum khususnya tindak pidana korupsi.

86297086 181455749750155 970453577132670976 o

Rapat Penentuan Isu Manajemen Resiko Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2020

Bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Negeri Pangkajene tepat pukul 10.00 wita Rapat Penentuan isu Manajemen Resiko digelar. Rapat dihadiri oleh Ketua Tim Penjaminan Mutu, Kordinator Pengendalian Manajemen resiko dan seluruh anggota tim yang terkait. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Tim Manajemen Resiko Pengadilan Negeri Pangkajene Dwi Hatmodjo, S.H, M.H.

Dalam Rapat tersebut Ketua TPM memberikan arahan-arahan kepada Kordinator Pengendali Manjemen Resiko mengenai Pengendalian Manajemen Resiko. Dalam arahannya mengatakan bahwa Pengendalian Manajemen Resiko ini ditujukan agar semua kemungkinan risiko yang akan terjadi dapat diidentifikasi, dinilai dan dilakukan pengendalian secara efektif dan efisien. 
Prosedur Pengendalian ini diterapkan mulai dari melakukan pemetaan terhadap kemungkinan Risiko yang akan terjadi di seluruh bagian yang ada di Pengadilan Negeri Pangkajene, Pemetaan risiko dituangkan dan Form Risk Register (FMEA), selanjutnya harus mengidentifikasi risiko, yang dilakukan dengan cara : Menetapkan tujuan/objective dari sebuah proses, menetapkan proses bisnis yang kemungkinan memiliki tingkat risiko, menetapkan dan mengelompokkan jenis resiko tersebut sesuai dengan Tabel Dampak (Impact), menetapkan kode risiko sesuai dengan Tabel Dampak (Impact) apakah tergolong pada level Low, Medium atau High, kemudian menetapkan potensial risiko yang akan terjadi, mengelompokkan dan mengidentifikasi sumber risiko yang menjadi penyebab munculnya risiko tersebut (disesuaikan dengan isu internal dan isu eksternal yang sudah diidentifikasi), menetapkan penyebab terjadinya risiko, menentukan pihak berkepentingan (interested parties yang terlibat), menetapkan penanggung jawab pengendali risiko tersebut, melakukan penilaian risiko sesuai dengan Tabel Likelihood (frekuensi) dan Risk Map.

Kemudian Menentukan kendali risiko yang terdiri dari mitigasi (penanganan saat ini) dan corrective action (kegiatan perbaikan). Risk register yang sudah dibuat menjadi tanggung jawab Bidang masing-masing, wajib memantau, memonitor dan mengendalikan serta mengevaluasi Risk Register tersebut. “Tinjauan evaluasi Risk Register dilakukan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun dengan mempertimbangkan hasil dari monitoring risiko.

88103630 192281588667571 1234809235108265984 o

Sosialisasi Visi, Misi dan Motto serta Budaya Kerja Tahun 2020 PN Pangkajene

Pada hari Jumat tanggal 07 Februari 2020 Pengadilan Negeri Pangkajene melakukan Sosialisasi Visi, Misi dan Motto serta Budaya Kerja Pengadilan Negeri Pangkajene. Acara sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Bapak Ketua PN Pangkajene,Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH, MH. Pada sosialisasi ini memaparkan tentang Visi, Misi dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene.

Adapun Visi dari Pengadilan Negeri Pangkajene yaitu : "Mewujudkan Pengadilan Negeri Pangkajene Yang Agung"
Sedangkan Misi Pengadilan Negeri Pangkajene, adalah sebagai berikut :

1. Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Pangkajene; 
2. Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan;
3. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur di Pengadilan Negeri Pangkajene; 
4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi di Pengadilan Negeri Pangkajene;

Dan Motto dari Pengadilan negeri Pangkajene yaitu : SEMANGAT

Sederhana – Edukatif – Melayani – Adil – Netral – Giat – Akuntabel - Transparan

Diharapkan dengan adanya sosialisasi Visi, Misi dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene ini, seluruh jajaran Pengadilan Negeri Pangkajene bisa menjalankan Visi, Misi dan Motto tersebut secara profesional dalam memberikan pelayanan kepada pencari keadilan di kota Pangkajene.

85132834 177213000174430 895636397887586304 o

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian