Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Senin, 12 November 2018
shade

Pangkajene, 20 April 2018 Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2018, Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene mengadakan acara penyuluhan deteksi dini dan pencegahan kanker serviks oleh narasumber dr. Hj. Nurliah Sanusi, MM, kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene yang sehat dan mengingat perjuangan R. A. Kartini dalam memperjuangkan nasib perempuan agar mendapat kesetaraan terkait gender.

Kesetaraan gender adalah pembagian peran kedudukan dan tugas antara laki-laki dan perempuan secara setara tanpa ada pembedaan. Hal inilah yang tidak ada pada masa lalu ketika perempuan tidak dibolehkan atau memiliki tugas yang sama seperti laki-laki. Terdapat pembagian kelas antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki sebagai kelas satu dan perempuan dijadikan kelas kedua.

Perjuangan R.A. Kartini menjadi salah satu tonggak utama dalam perjuangan kesetaraan gender di Indonesia. Tanpa adanya perjuangan dari R.A. Kartini  bukan tidak mungkin kaum perempuan akan terus menjadi kelas kedua di Indonesia sampai saat ini. Maka wajar jika perjuangan ini di peringati dan terus dikenang oleh bangsa Indonesia. 

Adapun acara selanjutnya Dharmayukti Karini cabang Pangkajene juga mengadakan tabur buka ke makam pahlawan kabupaten Pangkep agar kiranya bertujuan mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI selama masa penjajahan, para rombongan melanjutkan pendeteksian dini kanker serviks oleh seluruh anggota Dharmayukti Karini Cabang Pangkajene di Puskesmas Labakkang

 

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian