logo

Pembaruan terakhir: Minggu, 12 Mei 2024

Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74

Sabtu, 17 Agustus 2019. Bertempat di Halaman Upacara Pengadilan Negeri Pangkajene diberlangsungkan kegiatan rutin tahunan yakni Upacara Bendera Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WITA dan berakhir pada 09.45 WITA, Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bp. Farid Hidayat Sopamena, SH. MH. sebagai Pembina Upacara, dengan pemimpin upacara oleh Sdr. Muh. Ridwan, S.H., petugas pembaca teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Irsal A. Gani dan petugas pembaca teks Panca Prasetya Korpri Aidil Anwar, S.E. , petugas pengibar bendera oleh adik-adik dari peserta praktek kerja lapangan pembacaan do'a oleh Muh. Nasir, S.H., serta pembawa acara oleh Viskayanti, S.H.

Upacara berjalan dengan khidmat, tertib dan dengan penghayatan. Didalam pidato keseragaman Bpk. Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene menyampaikan dengan semangat proklamasi, saatnya kita mempersatukan tekad dan semua potensi yang kita miliki untuk menjadikan Sulawesi Selatan menjadi lebih baik, paradigma pembangunan yang bersifat komsumtif harus diubah menjadi produktif. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknolgi digerakkan oleh sikap mental yang kreatif, inovatif dan gigih.

Adapun pemberian satya lencana yang diberikan langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene disela sela upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74, diantaranya penerima penghargaan Bapak Dwi Hatmodjo, SH. MH., Ibu Sri Widayati, SH. MH, Bapak Irdin Riandi Thahir, SH, Bapak Aidil Anwar, SE

Warga Pengadilan Negeri Pangkajene juga mengadakan berbagai perlombaan dalam memeriahkan HUT RI ke -74 lomba makan krupuk, jepit terong, domino, bulutangkis, tusuk botol yang di ikuti oleh seluruh warga PN Pangkep. selain itu kegiatan selesai upacara para panitia perlombaan mengumumkan pembagian hadiah bagi para juara perlombaan.


"SDM UNGGUL INDONESIA MAJU"

 

 

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2019

Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H.,M.H menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1/6/2019, dimulai pukul 08.00 WITA bertempat di halaman Pengadilan Negeri Pangkajene. Upacara tersebut dihadiri oleh  Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural serta Pegawai dan Honorer Pengadilan Negeri Pangkajene.  Upacara tersebut dilakukan sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, yang ditindaklanjuti dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 663/SEK/KS.00/5/2019, tanggal 20 Mei 2019 yang menginstruksikan kepada Para Pimpinan Pengadilan pada Empat Lingkungan Peradilan di Indonesia untuk melangsungkan Upacara Bendera.

Pada kesempatan itu, Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene berkenan membacakan Sambutan Kepala BPIP, yang pada pokoknya menyatakan bahwa hari ini adalah Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya, bertujuan meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Lebih lanjut ditegaskan, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adapun jiwa besar para Founding Fathers, Para Ulama dan Pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Lebih lanjut ditegaskan, harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Rote. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, itulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita. Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebhinnekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan, tindakan dan sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila, dan diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Diharapkan, kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radilakisme, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah itu. Dengan pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat Internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan. Di akhir sambutannya diakhiri dengan ajakan, jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu bergotong royong demi kemajuan Indonesia

Upacara tersebut berlangsung penuh khidmat, apalagi turut hadir pula peserta dari Pengadilan Negeri Lainnya diantranya Ketua PN Dataran Hunimoa Bapak Purwanto S. Abdullah, SH. MH. Beserta Ketua Dharmayukti Cab. Dataran Hunimoa, Ketua Pengadilan Negeri Dobo Bapak Alfian, SH., MH. Ibu Irmawati Abidin, SH. MH., Hakim PN Kendari, Ibu Fitriah Ade Maya, SH., Hakim PN Gresik, dan Sri Wahyuningsih, SH., MH. Cakim PN Sumedang.  Dan adapun yang bertindak sebagai Komandan upacara Bpk. Muhtar, SH, dengan Protokol Ibu Hj. Viskayanti, SH., MH, Pembaca UUD 1945 Irsal Abdul Gani dan Pembaca Doa Bpk. Muh. Nasir, SH. Usai Upacara dilanjtkan dengan Salam-salaman dan foto bersama.

 

 

 

 

 

Sosialisasi Sistem Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Kepaniteraan dan Sosialisasi Monitoring Implementasi SIPP Versi 1.3 Serta Format Berita Acara Sidang

Jumat, 5 April 2019 Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan rapat bulanan untuk periode bulan April 2019, Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene yaitu Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH., serta didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Dwi Hatmodjo, SH. MH., dan dihadiri Sekertaris PN Pangkajene, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta karyawan mapun Honorer PN Pangkajene.

Adapun pembahsan dalam rapat bulan ini Sosialisasi Sistem Operasional Prosedur Pelayanan Kepaniteraan yang di bawakan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene, himbauan dari Ketua PN Pangkajene agar seluruh aparat PN Pangkajene agar bekerja sesuai dengan SOP tanpa ada yang melenceng baik dari segi waktu maupun dari segi pelayanannya dan perlu menerapkan Senyum Salam Sapa serta Ringkas Rapi Resik Rawat Rajin dalam melaksanakan tugas sehari hari

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi monitoring implementasi SIPP versi 1.3 serta format baku berita acara sidang yang dibawakan oleh sdr. Irdin Riandi Thahir, SH Panitera Pengganti sekaligus anggota satgas SIPP PN Pangkajene, didalam versi terbaru MIS ini para panitera pengganti perlu memperhatikan menu terbaru yakni ada beberapa perkara yang berita acara sidangnya belum di upload ke dalam aplikasi SIPP, himabuan Bapak Ketua PN Pangkajene agar kiranya panitera pengganti untuk segera mengupload berita acara sidangnya ke dalam aplikasi SIPP dan setiap hari harus memantau perkaranya di aplikasi MIS,demikian juga didalam pembuatan berita acara perlu diseragamkan format baku seusai standar dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum

 

'' Marhaban ya Ramadhan " Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PN Pangkajene 1440 H

Pangkajene, Kamis (16/05/2019) Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan acara buka puasa bersama. Acara ini bertempat di Mushollah Al - Hakim Pengadilan Negeri Pangkajene. Acara buka bersama yang bertemakan “Dengan Berpuasa Kita Tingkatkan Kearifan dan Keteguhan Iman ”. Acara yang berlangsung dengan meriah tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pegawai Struktural, Pegawai Fungsional dan Honorer Pengadilan Negeri Pangkajene.

Acara ini dimulai pada pukul 17.00 wita yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Muh. Rusli, setelah itu, acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Anwar, S.Ag., M.A. Dalam tausiyah ini beliau menyampaikan wajib berpuasa bagi umat islam, kecuali mempunyai alas an tertentu. Selanjutnya beliau juga mengatakan semoga kita bias menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan semoga Allah SWT member kita kesempatan untuk menikmati bulan suci Ramadhan di tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. Tidak hanya itu, beliau juga mengatakan semoga adanya kegiatan ini makin mempererat tali silaturahmi keluarga besar Pengadilan Negeri Pangkajene.

Setelah tiba waktu berbuka, takjil pun jadi pilihan pertama dan dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah. Setelah sholat magrib berjamaah, dilanjutkan berbuka dengan menu utama.

 

 

Evaluasi Hasil Zona Integritas Periode Februari 2019 dan Tindak Lanjut Hasil Survey IKM Periode Juni - Desember 2018

Jumat, 5 April 2019 Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan rapat bulanan untuk periode bulan April 2019, Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene yaitu Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH., serta didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Dwi Hatmodjo, SH. MH., dan dihadiri Sekertaris PN Pangkajene, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta karyawan mapun Honorer PN Pangkajene.

Adapun pembahasan didalam rapat bulanan ini Evaluasi Hasil Zona Integritas dan Tindak Lanjut Hasil Survey IKM dimana para ketua koordinator masing masing area didalam Zona Integritas telah melaksanakan program Zona Integritas baik dari kelengkapan dokumen area maupun persiapan yang lainnya, disamping itu Ketua PN Pangkajene menghimbau agar kekurangan kekurangan dalam membangun Zona Integritas di PN Pangkajene segera ditindak lanjuti mengingat waktu kunjungan dari tim penilai semakin dekat.

Disamping itu tim Survey IKM PN Pangkajene telah melaporkan hasil survey indeks kepuasan masyarakat PN Pangkajene periode Juni - Desember 2018 menunjukan perolehan nilai unit pelayanan sebesar 88% dengan mutu pelayanan ‘’A’’ atau sangat baik dengan perolehan nilai IKM berada pada interval 81,26-100