logo

Pembaruan terakhir: Minggu, 12 Mei 2024

Sosialisasi Reformasi Birokrasi PN. Pangkajene Tahun 2018

PANGKAJENE - Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II menyelenggarakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi Tahun 2018. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Februari 2018 mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.00 WITA, bertempat di Ruang Sidang Utama. Acara tersebut diikuti oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II, para Hakim, Pejabat Struktural dan anggota Tim Reformasi Birokrasi Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II.


Bertindak sebagai pemateri yaitu Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan terhadap pola pikir dan budaya kerja terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur sehingga dapat lebih efektif dan kesemuanya ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik. Peran aktif dari pimpinan dan seluruh Pejabat dan Pegawai termasuk Pegawai Honorer menjadi penentu keberhasilan Reformasi Birokrasi, ujarnya.

Terdapat 8 area Perubahan yaitu:
1. Manajemen Peradilan;
2. Penataan Peraturan Perundang-undangan;
3. Penataan dan Penguatan Organisasi;
4. Penataan Tatalaksana;
5. Penataan Sistem Manajemen SDM;
6. Penguatan Akuntabilitas;
7. Penguatan Pengawasan;
8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.


Sasaran Reformasi Birokrasi adalah:
• Birokrasi yang bersih dan akuntabel;
• Birokrasi yang efektif dan efisien;
• Birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.

 

Sosialisasi Tim Akreditasi Penjaminan Mutu PN. Pangkajene Tahun 2018

Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan Sosialisasi Manual Mutu TAPM bertempat di Ruang Sidang Utama yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene, Selaku Management Representative yaitu Bapak Dwi Hatmodjo, S.H., M.H bersama dengan Panitera Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Muh. Natsyir, S.H. dan Sekretaris Ibu Mariam,S.E.


Wakil Ketua PN Pangkajene menyampaikan secara garis besar Manual Mutu yaitu panduan mutu, isi Manual mutu adalah bukti dari komitmen top management bagaimana kebijakan Pengadilan untuk dapat memuaskan pelanggannya yang dalam hal ini masyarakat pencari keadilan dan masyarakat berkepentingan lainnya.


Dalam sosialisasi ini selain membahas tentang Manual Mutu TAPM juga membahas Pengertian dan Pelaksanaan 5R (Rapi, Ringkas, Resik, Rawat, Rajin), Pengertian dan Pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa), penyampaian visi dan misi Pengadilan Negeri Pangkajene serta Moto (PN Pangkajene “SEMANGAT” Sederhana,Edukatif,Melayani,Adil,Netral,Giat,Akuntabel,Transparan).


Disesi terakhir semua peserta sosialisasi menyorakkan yel-yel Pengadilan Negeri Pangkajene dengan semangat. ketika diucapkan Akreditasi maka seluruh peserta membalas Sukses, ketika diucapkan Mahkamah Agung maka seluruh peserta membalas Bermutu dan ketika diucapkan Pengadilan Negeri Pangkajene maka seluruh peserta membalas SEMANGAT.


Adapun tujuan sosialisasi ini selain untuk persiapan menghadapi audit dari Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badiulum juga untuk memupuk semangat personil PN Pangkajene agar selalu kompak-terpadu bersama dan bersinergi dalam memerhatikan 7 (tujuh) kriteria penilaian penjaminan mutu guna mewujudkan performa atau kinerja Peradilan Indonesia yang Unggul atau Prima (Indonesia Court Performance Excellent - ICPE).

 

Pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH.

Pangkajene, 20 Desember 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Makassar. Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Bapak H. Sunaryo, S.H., M.H. melaksanakan Pelantikan dan  Pengambilan Sumpah Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H., M.H. Sebagai Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II

Acara Pengambilan Sumpah, dan Pelantikan Ketua ini diawali dengan sidang Majelis Hakim Tinggi Makassar dengan sebagai saksi dalam persidangan persidangan luar biasa tersebut yang dilanjutkan dengan dibacakannya Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI oleh Panitera Pengadilan Tinggi Makassar Ibu Sintje Tineke Sampelan, S.H.

Dalam acara tersebut selain dihadiri oleh Hakim – Hakim Tinggi, hadir juga Keluarga Besar dari Pengadilan Negeri Pangkajene, dalam kesempatan ini Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Makassar berpesan kepada para Ketua Pengadilan Negeri yang baru bahwa jabatan Ketua Pengadilan adalah Jabatan promosi untuk itu harus disyukuri, senantiasa menjaga kode etik, serta memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Ketua Pengadilan Tinggi Makassar serta para unsur pimpinan, pejabat serta seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama.

 

Sosialisasi Visi, Misi, dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II

Pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2018 Pengadilan Negeri Pangkajene melakukan Sosialisasi Visi, Misi dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene. Acara sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Bapak Ketua PN Pangkajene,Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH, MH. Pada sosialisasi ini memaparkan tentang Visi, Misi dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene.


Adapun Visi dari Pengadilan Negeri Pangkajene yaitu : "Mewujudkan Pengadilan Negeri Pangkajene Yang Agung"
Sedangkan Misi Pengadilan Negeri Pangkajene, adalah sebagai berikut :


1. Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Pangkajene;
2. Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan;
3. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur di Pengadilan Negeri Pangkajene;
4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi di Pengadilan Negeri Pangkajene;


Dan Motto dari Pengadilan negeri Pangkajene yaitu : SEMANGAT


Sederhana – Edukatif – Melayani – Adil – Netral – Giat – Akuntabel - Transparan


Diharapkan dengan adanya sosialisasi Visi, Misi dan Motto Pengadilan Negeri Pangkajene ini, seluruh jajaran Pengadilan Negeri Pangkajene bisa menjalankan Visi, Misi dan Motto tersebut secara profesional dalam memberikan pelayanan kepada pencari keadilan di kota Pangkajene.

 

Rapat Penyusunan RKAKL Tahun Anggaran 2019

Pada hari Selasa, 13 November 2018 dimulai jam 09.00 Wib sampai dengan jam 12.00 Wib dilangsungkan rapat penyusunan RKAKL Tahun Anggaran 2019 yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene dan dihadiri Hakim dan Pegawai PN Pangkep adapun beberapa usulan baik anggran 01 badan urusan administrasi 099443 maupun anggaran 03 Badan Peradilan Umum 099444:
Lebih lanjut di dalam pembahasan penyusunan RKAKL Tahun 2018 ini, peserta rapat merumuskan beberapa item yang dianggap paling penting diantaranya :

1.Perlu adanya mobilier kantor maupun mobilier pendukung PTSP
2.Perlu diadakan pengadaan alat komunikasi data pendukung PTSP maupun SIPP berupa komputer PC, Scanner, Laptop, Printer
3. Air Conditioner (AC), yang tak kalah pentingnya untuk kenyamanan karyawan dan para pencari keadilan adalah AC,  sehingga   dengan adanya AC diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan kinerja pegawai yang ditunjang dengan lingkungan kerja yang   nyaman.
4.Kendaraan operasional mengingat kendaraan roda 4 PN pangkep hanya 2 unit untuk Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene dan Panitera   sedangkan untuk Wakil ketua dan Sekretaris belum mempunyai kendaraan dinas, di samping itu PN Pangkajene masih membutuhkan   kendaraan roda 2 3 unit yang diperuntukkan untuk operasional juru sita dan operasioanal administrasi kesektariatan