logo

Pembaruan terakhir: Minggu, 12 Mei 2024

Penandatanganan pakta integritas dan Perjanjian Kerja

Pangkajene

Senin, 4 Januari 2021

Bertempat di Ruang Rapat Prof. Dr. H. Hatta Ali S.H, M.H

 

Penandatanganan pakta integritas dan Perjanjian Kerja ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene, Bapak Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H., M.M., yang diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Makassar dan dilanjutkan dengan rapat bulanan.

 

Pakta Integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Pakta Integritas dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Pangkajene

Pangkajene

Rabu, 16 Desemaber 2020.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Pangkajene

 

Dilaksanakan Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Pangkajene Ahya Adhitya, S.E., S.H. oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene, Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H., M.M.

Sebelumnya beliau menjabat sebagai PNSPengadilan Negeri Praya dan berdasarkan SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Nomor 1617/DJU/SK/KP04.5/11/2020 tentang Promosi dan Mutasi Kepaniteraan dilingkungan Peradilan Umum, dimutasi menjadi Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri Pangkajene. Acara berlangsung dengan lancar dan khidmat.

 

Upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia ke - 75 Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2020

Rabu 19 Agustus 2020 Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan upacara HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia secara virtual bertempat ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Pangkajene, upacara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH. Serta Panitera PN Pangkajene Bapak Sadar Suanna, SH. Dan Sekertaris PN Pangkajene bapak Evan Prayudha, S.Kom. para Hakim, pejabat struktural dan fungsional PN Pangkajene.

Upacara dimulai pada pukul 09.00 WIB live tampak para peserta semangat menghadiri upacara virtual dengan suasana protokol kesehatan dengan tema “Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan Merespon Pandemi Covid-19”, jauh sebelumnya dalam rangka menyambut HUT Mahkamah Agung RI warga Pengadilan Negeri Pangkajene mengadakan berbagai macam perlombaan adapun kegiatan yang diperlombakan yakni lomba bulu tangkis, tenis meja, domino yang diikuti seluruh warga PN Pangkajene.

Acara selanjutnya pemotongan nasi tumpeng dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene beserta jajarannya.

 

Upacara Memperingati Hari Pahlawan Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2020

Dengan Tema “PAHLAWAN SEPANJANG MASA” Pengadilan Negeri Pangkajene Kelas II melaksanakan Upacara .Upacara Dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena, S.H., M.H. dan Bpk Muhtar, S.H. sebagai Komandan Upacara.

Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Pangkajene Pukul 8.00 Wita, dimulai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan UUD 45 oleh Sdr. Irsal Abdul Gani dan dilanjutkan Pembacaan Doa oleh Sdr. H.Syahruddin, S.H. .

Kiranya Hari Pahlawan tidak hanya bersifat seremonial semata, yang paling penting adalah bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya sehingga Setiap insan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan nilai kepahlawanan maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa. Berkenaan dengan hal tersebut, pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 yang mengambil tema “PAHLAWAN SEPANJANG MASA”, diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

 

pahlawan2020

 

Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75

Pangkajene - Hari Senin tanggal 17 Agustus 2020 adalah hari seluruh masyarakat di Tanah Air Indonesia merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 dengan menyusung tema Indonesia Maju , perayaan tahun ini berlangsung dalam suasana berbeda karena situasi pandemi Covid-19 dengan berbagai pembatasan sebagai upaya pencegahan virus Covid-19,upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI KE-75 tetap dilaksanakan meski Indonesia tengah dihadapi pandemi Covid-19. Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangan minimalis dengan dibatasi petugas upacara, hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 serta mendukung protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak alias social distancing

Bertempat di Halaman Upacara Pengadilan Negeri Pangkajene diberlangsungkan kegiatan rutin tahunan yakni Upacara Bendera Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-75 tahun. Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WITA dan berakhir pada 09.45 WITA, Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bp. Farid Hidayat Sopamena, SH. MH. sebagai Pembina Upacara, dengan pemimpin upacara oleh Sdr. Muhtar, S.H., petugas pembaca teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Irsal A. Gani , petugas pengibar bendera sdr (i) Irwan, SH, Faisal, dan Khairunnisa Usman, SH pembacaan do'a oleh Muh. Nasir, S.H., serta pembawa acara oleh Hj. Rahmi Sahabuddin, S.H. S.Ip., M.H.

Upacara berjalan dengan khidmat, tertib dan dengan penghayatan. Didalam pidato keseragaman Bpk. Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene menyampaikan dengan semangat proklamasi, saatnya kita mempersatukan tekad dan semua potensi yang kita miliki untuk menjadikan Sulawesi Selatan menjadi lebih baik, paradigma pembangunan yang bersifat komsumtif harus diubah menjadi produktif. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknolgi digerakkan oleh sikap mental yang kreatif, inovatif dan gigih walaupun kita diterpa pandemi covid 19.