logo

Pembaruan terakhir: Minggu, 12 Mei 2024

GOWES Bareng Keluarga Besar PN Pangkajene Sekaligus Public Campaign Zona Integritas WBK dan WBBM

Pada hari Jumat 26 Juni 2020, Pengadilan Negeri Pangkajene menggelar acara GOWES BARENG Keluarga besar Pengadilan Negeri Pangkajene, Serta sosialisasi (Public Campaign) zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Pengadilan Negeri Pangkajene sebagai salah satu bentuk Komitmen Pengadilan Negeri Pangkajene dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Kegiatan ini dimulai dari halaman Pengadilan Negeri Pangkajene pada pagi hari pukul 07.00 WITA dan diikuti oleh Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Negeri Pangkajene mulai dari Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staf serta Para Honorer Pengadilan Negeri Pangakejene.

Kegiatan public campaign dilakukan denganbersepeda bersama mengitari jantung Kota Pangkajene guna menunjukkan kepada masyarakat tentang komitmen Pengadilan Negeri Pangkajene dalam melawan segala bentuk Korupsi, Gratifikasi, dan Pungli. Peserta public campaign membagikan Sticker dan masker kepada para pengguna jalan yang melintasi peserta public campaign.

Pengantar Alih Tugas Bapak Dwi Hatmodjo, SH., MH. dan Bapak Muh. Natsir Syam, SH. Serta Purna Bakti Bapak Ramlan, SH.

Rabu, 23 Juni 2020 Pukul 09.00 WITA, warga Pengadilan Negeri Pangkajene  mengadakan acara pengantar tugas/pelepasan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Dwi Hatmodjo, SH. MH.  yang dimutasi menjadi Hakim Pengadilan Negeri Gorontalo, dan Bapak Muhammad Natsir Syam, SH. Yang dimutasi Panitera PN Pangkajene menjadi Panitera Pengganti Pada PT Makassar berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Promosi Dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri Di Lingkungan Peradilan Umum.Serta dirangkaikan acara purna bakti Kasubag Kepegawaian, Organisasai dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Pangkajene, Bapak Ramlan, SH.

Turut hadir pula dalam acara pengantar tugas / pelepasan tersebut Forkopinda Kabupaten Pangkajene serta segenap tamu undangan lainnya.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene dalam sambutan sekaligus pesan dan kesannya mengatakan bahwa promosi dan mutasi dijajaran Pengadilan merupakan hal yang lumrah dan biasa. Lebih lanjut beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Pangkajene atas kerja sama dalam melaksanakan tugas selama beliau menjabat sebagai Wakil Ketua kurang lebih 5 tahun sekaligus mohon maaf atas segala kekeliruan dan kekhilafan didalam bergaul serta memohon doa agar ditempat tugas yang baru selalu diberi kesehatan dan kesuksesan dalam bertugas, serta prestasi dicapai selama bertugas di Pengadilan Negeri Pangkajene.

Selanjutnya Pesan dan Kesan dari Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena SH, MH. memberikan sambutannya mengucapkan terima kasih serta memberikan ucapan selamat kepada Bapak Wakil Ketua Dan purna bakti Kasubag Kepegawaian, Organisasai dan Tata Laksana Pengadilan Negeri Pangkajene, Bapak Ramlan, SH.semoga akan bertambah sukses serta ajang seperti ini akan lebih mempererat silaturahim untuk mendukung tugas-tugas pemerintah daerah yang perlu dukungan kita semua untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Acara selanjutnya Penyerahan Cendrata Mata dan diakhiri dengan pembacaan do’a serta ditutup dengan ucapan selamat jalan dari seluruh tamu undangan.

 

 

 

 

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Hakim Baru Pada Pengadilan Negeri Pangkajene

Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene pada Hari Kamis tanggal 23 April 2020 ,telah melantik  4 (empat) orang Hakim baru masing-masing Ibu Andi Ayu Astriadi,SH, ibu Tities, SH, Ibu tiara Khurin In Firdaus,Sh, dan bapak Benny,SH. Pada kegiatan pelantikan dan penyumpahan tersebut hanya dihadiri oleh Hakim , Pegawai PN Pangkajene serta 3 orang keluarga dari masing-masing Hakim yang dilantik. Pada moment penting ini oleh Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene Bapak Farid Hidayat Sopamena,SH.MH dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada ke empat Hakim yang baru dilantik hal ini dikarena pelantikan yang dilaksanakan tidak seperti biasanya hal ini dikarena berdasarkan himbuaan Pemerintah dan Surat Edaran dari Mahkamah Agung disampaikan segala yang  berhubungan dengan pelantikan harus dilaksanakan dengan tata cara covid mengingat saat ini Indonesia sedang dilanda wabah pandemi virus 19, sehingga didalam pelantikan dan penyumpahan ini harus menjaga jarak dan wajib memakai masker imbuh farid dalam dalam kata sambutannya tersebut.

Pesan yang disampaikan oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene,   kepada ke bapak ibu yang baru selesai dilantik dan disumpah , bahwa karena masih Hakim yang baru tentunya dapat membawa spirit yang baru buat PN Pangkajene kedepan, sehingga ke depannya PN Pangkajene bisa menjadi lebih baik. Ilmu-ilmu yang telah didapat selama diklat dan magang sekiranya bisa diterapkan disini dan bisa membawa perubahan besar bagi PN Pangkajene.

 

94138156 225286432033753 2669370793493790720 o

 

 

Sosialisasi Serta Pembentukan Tim Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi Tahun 2020 PN Pangkajene

Pangkajene 27 Mei 2020 seluruh aparat PN Pangkajene menghadiri kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dibawakan langsung oleh Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH., M.H selaku Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene dan Bapak Dwi Hatmodjo, SH., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene secara virtual.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Hakim , Panitera, Sekretaris, Pejabat Fungsional/Struktural, Karyawan serta Honorer pada Pengadilan Negeri Pangkajene.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari surat Edaran Badan Peradilan Umum Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pembangunan Zona Integritas Pada Seluruh Pengadilan di Lingkungan Peradilan Umum serta merupakan aksi lanjutan dari Rapat Internal di Pengadilan Negeri Pangkajene mengenai Pembangunan Zona Integritas.

Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene menyampaikan agar setiap Ketua Koordinator beserta anggotanya secepatnya melakukan rencana aksi dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas di Satuan Kerja masing-masing dengan melengkapi evidance – evidance.

Ketua Pengadilan Negeri Pangkajene mengharapkan kepada semua aparatur Pengadilan Negeri Pangkajene untuk bersungguh-sungguh dalam menerapkan pembangunan zona integritas sebagai upaya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menandatangani perjanjian kontrak prmbangunan Zona Integritas oleh semua pegawai .

 

Sosialisasi SIWAS dan Perma 7, 8, dan 9 Pengadilan Negeri Pangkajene Tahun 2020

Pengadilan Negeri Pangkajene pada hari Rabu, 11 Maret 2020 melaksanakan sosialisasi Perma No. 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Pada MA dan Peradilan di bawahnya, Perma No. 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan pembinaan atasan langsung di MA dan peradilan dibawahnya, Perma No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan/wistleblowing sistem di lingkungan MA dan peradilan dibawahnya kepada para hakim, pejabat fungsional dan struktural serta seluruh staf PengadilanNegeri Pangkajene.


Dalam penyampaian sosialisasi tersebut, Bapak Farid Hidayat Sopamena, SH. MH. menyampaikan kembali pentingnya Pengawasan dan Pembinaan oleh pimpinan secara berjenjang guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran perilaku hakim, memastikan tidak ada lagi hakim dan aparatur melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Serta juga mengingatkan kembali kepada Hakim dan Pegawai untuk melaksanakan aturan yang terdapat dalam PERMA 7,8 dan 9 tahun 2016 tersebut. Keluarnya ketiga PERMA berkaitan dengan kejadian-kejadian yang mencoreng nama baik institusi Mahkamah Agung. Adapun Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2016 berisi tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, sedangkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya dan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 berisi tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada dibawahnya.

Pada saat berlangsungnya para  peserta cukup antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan pernyataan dimana pertanyaan dan pernyataan tersebut seputar fenomena yang sering menjadi masalah di setiap pengadilan masing-masing seperti masalah etika, disiplin, jam kerja, prosedur izin ke atasan dan sebagainya.

 

89328542 198441481384915 2110791806814781440 o